FIRST SOLO FLIGHT


First Solo Flight adalah penerbangan yang sangat ditunggu setiap pilot yang sedang melakukan pendidikan dan pelatihan penerbang (pilot pelajar) karena “The first solo flight is not only a very responsible step in the whole pilot‘s career but also a very bright moment of life which will stay imprinted on the pilot’s mind forever”. Hari ini (13/06/2019) Saya mendapatkan persetujuan untuk First Helicopter Solo Flight, Alhamdulillah berjalan lancar, prosedur dijalankan dengan baik. Terima kasih saya ucapkan kepada semua instruktur.

Ketika belajar terbang Chopper, kewaspadaan menjadi perhatian penting dan kita harus mengenali mode-mode pada sistem dan instrumen yang ada. Akurasi pengendalian helikopter harus ditingkatkan sama halnya dengan fixed wing, proses lepas landas dan mendarat membutuhkan kewaspadaan dan pengendalian yang tepat.
Ada beberapa tips yang pernah saya pelajari saat akan melakukan terbang solo dan bisa digunakan bagi para pilot pelajar.
Pertama, komunikasikan dengan baik kepada petugas ATC bahwa ini adalah terbang solo, sehingga mereka akan memberikan atensi lebih dan membantu pola kerja kita.
Kedua, gugup itu pasti ada, namun buat diri nyaman itu hal yang sangat baik. Jika memerlukan sesuatu atau ada pertanyaan, komunikasikan dengan instruktur sebelum terbang solo.
Ketiga, double check your checklists, tidak perlu terburu-buru.
Keempat, dapatkan tidur malam yang baik, cukup dan berkualitas.
Kelima, yakin bisa, instruktur menyetujui terbang solo karena tahu bahwa siswanya siap untuk terbang solo.

Reposted dari Capt. Novyanto Widadi, S.AP., MM.
IG: stpi_curug
close